WNA yang meresahkan, wajib ditindak

,

Beredar nya berita berita negatif mengenai orang asing yang bahkan sudah tidak segan berbuat onar tentu memancing aparat untuk segera bertindak, tidak terkecuali dari pihak Imigrasi. Tapi apakah penanganan orang asing hanya menjadi ranah Imigrasi saja?

Pertanyaan tersebut merupakan salah satu hal yang menjadi alasan kenapa harus ada Rapat Koordinasi antar instansi mengenai penanganan orang asing. Kantor Imigrasi sebagai pemrakarsa kegiatan ini lantas mengadakan kegiatan TIM PORA ( Tim Penanganan Orang Asing) sebagai salah satu wadah bertukar pikiran dan koordinasi mengenai keberadaan dan hal ikhwal terkait kegiatan orang asing.

Pada tanggal 09 Maret 2023, Kantor Imigrasi Pemalang mengadakan rapat TIM PORA yang pertama kali untuk tahun anggaran 2023 ini. Mengambil tempat di Hotel RGINA, Kantor Imigrasi Pemalang mengundang berbagai elemen yang berperan penting dalam pengawasan orang asing. Kali ini, selain melibatkan elemen penegakan hukum seperti dari kejaksaan, kepolisian dan TNI, Imigrasi Pemalang juga turut mengundang para Camat dan perwakilan dari Bea dan Cukai guna membahas permasalahan terkait penanganan orang asing.

Isu yang diangkat kali ini tentunya tidak lepas dari kejadian yang masih hangat, yaitu mengenai keberadaan orang asing yang melakukan penipuan terhadap pedagang di area wilayah kerja Imigrasi Pemalang. Pembahasan ini bertujuan agar elemen elemen yang terlibat dapat menepis keraguan terkait sejauh mana mereka dapat beraksi terhadap keberadaan orang asing.