Capaian Kinerja Luar Biasa: Kantor Imigrasi Pemalang Raih Penghargaan Prestisius
PEMALANG – Pada Selasa, 19 Desember 2023, Kantor Imigrasi Pemalang dengan bangga menggelar Konferensi Pers Capaian Kinerja Tahun 2023 di ruang pelayanan paspor Kantor Imigrasi Pemalang. Acara ini dihadiri oleh wartawan se-Eks Karesidenan Pekalongan.
Kepala Kantor, Ari Widodo, didampingi oleh jajaran pimpinan seperti Kepala Seksi Yanverdokjal Alvian Bayu Indra Yudha, Kepala Seksi Inteldakim Washono, Kepala Seksi TIKIM Syachrudin, Kepala Seksi Intaltuskim Thomas Aries Munandar, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Edhiarto Satriyo Benggala, secara langsung menyampaikan prestasi dan capaian kinerja yang luar biasa yang telah dicapai oleh kantor selama tahun 2023.
Salah satu prestasi yang membanggakan adalah penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Terbaik ke-3 Satuan Kinerja Pengguna DIGIPAY Satu Teraktif. Hingga 19 Desember 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang berhasil merealisasikan dana sebesar Rp. 10.430.343.439 atau mencapai 99.05% dari total anggaran yang diberikan pada tahun 2023 sebesar Rp. 10.578.219.000. Realisasi PNBP yang diperoleh mencapai Rp 21.458.411.501, melebihi proyeksi PNBP sebesar Rp 6.494.350.000.
Dalam pengungkapannya, Ari Widodo menyampaikan, “Seksi Yanverdokjal mencatat penerbitan paspor sebanyak 40.751 pada tahun 2023 meningkat 27,49% dari tahun 2022 yaitu 35.603. Kantor Imigrasi juga berhasil melaksanakan inovasi turunan Direktorat Jenderal Imigrasi Eazy Passport sebanyak 13 kegiatan dengan penerbitan 594 paspor.”
Namun, di tengah prestasi gemilang, terdapat sebanyak 173 orang, termasuk 144 laki-laki dan 29 perempuan, yang mengalami penundaan penerbitan paspor RI di Kantor Imigrasi Pemalang dan UKK Kota Pekalongan serta UKK Kabupaten Brebes karena diduga sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural.
Adapun pelayanan izin tinggal bagi WNA juga mencapai capaian yang signifikan. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang memberikan layanan keimigrasian untuk warga negara asing sebanyak 2065 permohonan yang meningkat 12% dari tahun 2022 dengan 1817 permohonan.
Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian juga turut berkontribusi dengan melaksanakan 5 sosialisasi, 1 pameran keimigrasian di Pemalang dan pemberitaan melalui media cetak/elektronik sebanyak 429 kegiatan. Tidak ketinggalan, tindakan administratif terhadap 10 orang asing dan operasi gabungan sebanyak 3 kegiatan telah dilakukan untuk menjaga ketertiban keimigrasian.
Melalui pencapaian ini, Kantor Imigrasi Pemalang menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menjaga keamanan dan ketertiban wilayah kerjanya. Prestasi ini semakin mengukuhkan posisi Kantor Imigrasi Pemalang sebagai lembaga yang berkompeten dan dapat diandalkan dalam menjalankan tugasnya.