Seri Kuliner: Grombyang

Hai, hari ini Mido mau kasih referensi hidangan khas dari Pemalang yang mungkin bisa dijadikan menu berbuka puasa kalian.

Buat kalian yang tinggal di Pemalang mungkin sudah tidak asing lagi, tapi bagi kalian yang sekedar melintas di Pemalang, kurang lengkap rasanya bila tidak mencoba hidangan yang satu ini. Lontong Dekem namanya, hidangan ini bisa kalian temui di sekitaran Alun-Alun Pemalang di waktu sore atau malam hari.

Mengapa dinamakan Lontong Dekem, banyak pendapat mengenai hal tersebut, ada yang mengatakan karena penjualnya duduknya dekem (duduk di kursi yang rendah sehingga kakinya tertekuk). Namun ada juga yang mengatakan karena cara pengolahannya. Yaitu sebelum disajikan lontong disiram dengan kuah lalu ditumpahkan lagi kemudian disiram lagi ditumpahkan lagi, berulang-ulang hingga beberapa siraman sehingga lontong menjadi terendam. Istilah terendam dalam Bahasa Pemalang adalah dekem, sehingga makanan tersebut dinamakan Lontong Dekem.

Racikan Lontong Dekem terdiri dari irisan lontong,daging ayam,kuah kuning mirip seperti kuah opor namun lebih encer,kemudian ditaburi bawang goreng, daun bawang, serundeng kelapa dan bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih,manis,pedas. Disediakan pula lauk pendamping berupa sate ayam dan sate jeroan ayam yang sudah ditaburi serundeng.

Gimana, tertarik kan untuk mencoba Hidangan Khas Pemalang ini, jangan lupa mencoba ya bila kalian sedang melintas di Pemalang.