PEMENUHAN PREDIKAT WBBM MENJADI TARGET KANTOR IMIGRASI PEMALANG

,

Halo sobat Gilang! Sobat gilang tau gak sih apa itu WBK/WBBM? Daripada makin kepo, mending kita langsung ulas saja!

Dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dilakukan reformasi birokrasi, yang apabila efektif akan akan mencapai salah satu tujuan untuk mengurangi dan akhirnya menghilangkan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat di instansi yang bersangkutan. Reformasi birokrasi juga telah menjadi salah satu aksi strategi pencegahan korupsi yang diatur berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Perpres Stranas PK).

Dan berikut ini adalah perbedaan dari WBK dan WBBM. Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Sedangkan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Saat ini Kanim Pemalang sedang berjuang untuk bisa mendapatkan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), setelah sebelumnya Kanim Pemalang berhasil mendapatkan Predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi). Beberapa waktu lalu Kanim Pemalang kedatangan staff ahli bidang sosial dan Dirsistik Imigrasi dalam rangka monitoring dan memberikan masukan mengenai hal-hal yan perlu ditonjolkan dan beberapa notice mengenai hal yang krusial yang tidak boleh luput dari pengawasan selama pembangunan Zona Integritas menuju WBBM.

“Inovasi yang dipunya harus dijual, masyarakat harus tahu, apa yang menjadi pembeda. Inovasi-inovasi yang ada jangan hanya disimpan. Pajang! Iklankan! Biar masyarakat tahu!” masukan dari Agato P.P. Simamora, Dirsistik. (01/10/2021)