Paspor On Line! Next gen APAPO?

, ,

Minggu kemarin, beberapa Kantor Imigrasi di Indonesia menjalankan trial Paspor On Line! Next Gen project layanan paspor ini kelak akan menggantikan APAPO yang saat ini masih menjadi pilihan utama aplikasi layanan antrian paspor.

Sampai saat ini, yang bisa mimin publikasikan adalah, sistem Paspor On Line ini akan mewajibkan pemohon untuk membayar dahulu bea paspor sebelum melakukan proses kedatangan. Diharapkan dengan begini, tidak ada lagi pemohon yang coba coba berhadiah dan malahan menghalangi pemohon yang benar-benar membutuhkan antrian paspor.

Kantor Imigrasi Pemalang berkesempatan mencoba sistem ini pada minggu kemarin, dan benar saja, masih banyak bug yang harus diselesaikan sebelum aplikasi ini di rilis ke masyarakat.

Kepala kantor beserta tim uji coba yang dikirim langsung dari pusat langsung memberikan masukan kepada tim pusat setelah beberapa hari melakukan uji coba paspor online ini di Kantor Imigrasi Pemalang.

Beberapa poin yang harus segera diselesaikan adalah:

  • Belum dapat melayani paspor untuk anak dibawah umur karena data ternyata tidak bisa dibaca
  • Jeda pembayaran dan munculnya data di sistem harus segera dipangkas karena apabila terlalu lama, dikhawatirkan malah membuat sistem yang seharusnya menjadi solusi agar permohonan menjadi makin cepat malah menjadi sandungan dan membuat sistem melambat.

Bug pada sistem trial memang wajar terjadi, karena itulah perlu dilakukan trial run agar ketika sistem ini resmi dirilis, bisa menjadi solusi yang dapat diandalkan.