GILANG Mengajar
PEMALANG, Muhammad Nopiyanto pria asal Tegal yang berinisiatif membuat program pengajaran bahasa Inggris kepada pegawai Kantor Imigrasi khususnya yang berposisi di front liner (customer service dan duta layanan).
Program English for immigration officer, program penigkatan sumber daya manusia terutama untuk front line (customer service, duta layanan). Pembekalan Bahasa inggris kepada pegawai untuk bisa melayani pemohon WNA agar lebih maksimal.
Berawal dari inisiatif pak Nopiyanto yang kemudian diajukan kepada atasan melalui beberapa perizinan dengan kepada Kepala Seksi Yanverdokim, lalu kepada bagian kepegawaian, akhirnya kepada Kepala Kantor. Untuk materi sendiri, pak Nopiyanto sudah menyiapkan materinya yang akan disampaikan. Metode yang dilaksanakan yaitu secara hybrid, yaitu materi dan setelahnya langsung praktik.
Demi kemajuan pelayanan Kanim Pemalang pada front line (customer service, duta layanan)
“kebetulan saya punya ilmu, jadi saya sharing juga kepada mereka semata-mata demi meningkatnya pelayanan untuk pemohon WNA”.
Program ini rutin dilaksakan setiap minggunya pada hari Jumat sore setelah jam pelayanan selesai, namun bisa berubah jika ada kegiatan dari seksi lain yang dilaksanakan juga di hari yang sama.
“Ya harapannya supaya pelayanan di Kantor Imigrasi Pemalang khususnya kepada WNA bisa lebih maksimal karena Customer Service dan Duta Pelayanan memiliki basic komunikasi berbahasa Inggris dengan baik”. Penutup pak Nopiyanto saat ditemui pada Senin (08/11/2021) pagi.