APAPO! Solusi antri paspor tanpa harus capek antri badan

,

Sudah tidak jaman datang pagi pagian antri badan buat rebutan antrian. APAPO adalah jawaban kaum rebahan agar dapat ngantri pasporan!

APAPO adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai jawaban atas keluh kesah pemohon yang harus rela antri badan atau bahkan titip antrian ketika ingin membuat paspor. Selain tidak efektif dan rentan komplain, praktik antri badan ini juga malah rentan percaloan karena terindikasi bisa dijadikan bahan objekan hanya untuk memperebutkan jadwal antrian.

APAPO ini dapat diunduh di Playstore maupun Appstore sehingga para pengguna android maupun iphone dapat dimudahkan dalam mencari antrian. Konsep yang diusung adalah pemohon cukup memakai aplikasi tersebut, dan mendaftar dengan data yang sah dan kemudian memilih Kantor Imigrasi terdekat sesuai dengan lokasi GPS yang terkunci pada aplikasi. Dengan konsep sederhana ini, pemohon akan diuntungkan karena:

  1. Pemohon tidak perlu antri badan hanya untuk mencari antrian paspor;
  2. Permohonan akan terklasifikasi berdasar lokasi realtime si pemohon, jadi setidaknya sudah dapat memecah konsentrasi antrian;
  3. Sangat menghemat waktu dan fleksibel karena pemohon dapat menentukan sendiri, harus datang kapan hari.

Terobosan ini tentunya sudah diadopsi dan bahkan di redevelop oleh banyak Kantor Imigrasi di Indonesia, termasuk di Pemalang, yang akhirnya dapat membuat aplikasi pendamping, yaitu SIMPEL.